RCCrawler Forums

RCCrawler Forums (http://www.rccrawler.com/forum/)
-   Outside the US (http://www.rccrawler.com/forum/outside-us/)
-   -   INDONESIA masuk sini.... (http://www.rccrawler.com/forum/outside-us/134216-indonesia-masuk-sini.html)

kula 07-30-2010 04:45 AM

wahhh..mantaps penjelasan nya Om Stress,... jelas banget

nanya lagi Om... kalo DIG itu ada ? bagaimana cara pengoperasiannya ?

daku saat ini sdh order RC4WD Bully yg kit version.. apa saja yg perlu daku persiapkan utk supaya dia siap jalan ?

Thx

STRESS_AIR 07-31-2010 12:11 AM

Hi Kula,
Dig system yaitu system yang dipergunakan untuk me "lock" roda belakang biar tidak berputar. Jadi yang berputar hanya roda depan saja. Ini diperlukan untuk membuat belokan tajam (tight turn) karena di 2.2 class hanya boleh 2WS jadi agak repot belok tajam he....he...he.... Dig system ada yang electronic seperti buatan Punkrc atau RC4WD(dihubungkan ke receiver dan di control langsung dari transmitter jadi minimal perlu extra channel utk Dig) biasanya dipakai untuk rig yang MOA type (Bully, Berg, etc), ada juga yang mechanical (diactivekan dgn servo) untuk rig yang shaft type (Axial AX10, etc).
Megenai Bully kit yang anda order itu complete kit (termasuk electronic) atau hanya chassis dan axles saja? Mengenai apa yang perlu dipersiapkan ya tergantung apa yg sudah tersedia di kitnya. Kalau saya sih recomendasikan minimal Punkrc Dig, Tekin FX-R ESC, Castle Creation BEC 10 Amp, LiPo battery 3S (11.1 V) (kalau bisa yang kecil dimensinya), 2 motors antara 35T atau 45T atau 55T. Sesudah itu modifikasinya terserah anda , seperti pinion gear, ground clearance, pemberat roda dll sesudah dicoba di medan batu, pokoknya ngga ada habisnya nya buat modifikasi deh ha...ha...ha....

kula 07-31-2010 07:59 AM

daku order yg kit tanpa elektronik (chasis, axle, linkage, tire, wheel dll tanpa servo, dinamo, esc)

mslh nya budget sangat terbatas Om.. yg ready saat ini cuma TEU101BK .. hehehe..
bisa gak kalo cuma pake 1 esc TEU101 ini utk menghandle 2 dinamo 55T ?

kalo pake dinamo 55T, pinion nya pake yg brp T ya ?
katanya pinion Bullly ini khusus ya ? beda dgn pinion yg umum di pasaran ?
di dlm kit nya dapat pinion gak ya ? kalo misalnya gak dapat, ada pengganti yg compatible gak ?

soalnya kalo hrs order ke RC4WD bakal lama lagi deh... ini aja dah 1 minggu blm nyampe Indo utk kit nya..

maaf ya Om, pertanyaannya borongan.. hehe

STRESS_AIR 08-01-2010 12:18 AM

Hi Kula,

Oh anda order yang tanpa electronic rupanya, Kalau saya memang suka yang tanpa electronic karena bisa electronic nya kita kembangkan semau kita tanpa membuang yang sudah dari sononya ;-). Kalau saya suka pakai 1 ESC buat 2 motors karena tempatnya terbatas dan saya tidak mau ada extra berat yg tdk perlu ;-), tapi ada juga yang pakai 2 ESC utk 2 motors tapi umumnya utk superclass. Kamu pakai ESC TEU101BK kalau ngga salah ini untuk Tamiya ya dan di design utk single motor maximum 23T (mungkin bisa sampai 35T) . Kalau dipaksa untuk meng handle 2 motors 55T saya khawatir ngga kuat dan akan terbakar. Kenapa ngga pilih misalnya Outcry crawler dual motor ESC (kalau ngga salah ini product dari RC4WD juga) designnya sdh utk 2 motors dan ngga terlalu mahal sekitar US$60 sudah termasuk fan pendingin dan turbo BEC . Atau coba pakai Novak Rooster crawler yang sudah dijamin tahan banting dan output internal BECnya juga 5A cukup buat mengerakkan high torque servo buat steering (memang lebih mahal tapi sekali beli bisa dipakai lama ngga perlu tiap kali beli ESC jatuhnya lebih mahal)Tapi ya dicoba saja deh kan segala sesuatu belajar dari pengalaman, cocok di saya belum tentu cocok dianda 'tul ngga ;-) Kalau mengenai pinion gear nya Bully memang kalau dari bentuk rada dikit beda dari yang lain (lebih kecil dan halus), tapi ngga usah khawatir karena kit Bully sudah termasuk 2 buah pinion gears (kalau ngga salah yg 12t) dan termasuk juga grub screws nya.


STRESS_AIR 08-08-2010 05:37 AM

Hi Kula,

Apa sudah datang Bully kit nya dari RC4WD ?

kula 08-10-2010 09:53 PM

sudah Om... sampai Indo dengan selamat.
sayang nya rod ends + body post nya pada patah...untung di dlm bag nya disediakan spare utk rod ends.

tp jd kepikir utk langsung ganti ke alu rod ends deh..soalnya platik nya getas bgt.

next question Om.. : ban nya dpt x-lock terpasang di velg beadlock billet alum. di dalam nya ada foam nya.
apakah foam nya hrs di bentuk star pattern ?
apa bedanya foam biasa dgn Memory Foam ?

step by step mau di beresin dikit2 sambil nunggu tabungan cukup utk beli Rooster..hehe

STRESS_AIR 08-11-2010 11:31 AM

Hi Kula, syukurlah sudah datang Bully nya.

Lho kok ada parts dari plastik nya tuh??, yang saya punya dan teman2 ngga ada part plastiknya? Semua Bully parts itu dijamin terbuat dari metal kok, cuma satu part dari plastik yaitu "jendela" di gearbox.
Beda foam biasa dan memory foam iyalah "bounching" effect nya

Stock foam dari Bully cukup bisa diandalkan kok ngga perlu dibentuk star pattern segala, cukup lepas 1 atau 2 beadlock screw yand disisi dalam (biar ngga kelihatan dari luar) supaya udara bisa masuk dan keluar dgn mudah. Kalau saya X-Lock tyres nya ngga saya pakai (bukannya jelek tapi cuma kurang tuh grip nya). Saya pakai 2 macam tyre untuk kompetisi, yaitu HB Rover white dot (soft) dikombinasi dgn bully stock foam dan bully stock Aluminium wheel (saya pakai kalau medannya basah habis hujan) dan HB Sedona tyre dikombinasi dgn oversized 2-Stage memory foam dgn RC4WD Low Boyz wheel ( dgn Roda depan ditambah 4 oz pemberat diluar berat pendulumnya dan Roda belakang pendulumnya dicabut dan tidak ditambah pemberat apa apa) untuk kondisi cuaca kering


kula 08-15-2010 10:00 AM

rod ends ku msh plastik semua..& makin banyak yg patah.. sampe2 skrg dah kehabisan rod ends.
pernah baca2 disini di ganti pake rod ends REVO, tp aku coba gak bisa masuk krn lobang thread nya 4mm sedangkan bawaan bully pake 3mm. kalaupun ada yg 3mm, panjang nya gak sama dgn asli nya bully shg daku khawatir geometri nya berubah..serba salah dueh.. hehe

utk elektronik saat ini bongkar2 nemu esc mamba Max, utk dinamo aku gulung sendiri 50t. dengan batere lipo 3cell dah cukup bgt power nya.

ban saat ini pake x-lock, awalnya memang sangat terasa krg grip nya, tp stlh diberi saran utk di potong star pattern, terasa bgt bedanya. baut beadlock juga aku copot 1 utk sirkulasi.

ttg pendulum,.. di velg bully ku gak ada pendulumnya juga. jd utk roda dpn aku tambahkan beban seberat 100gr di tiap velg depan, terpasang melingkar di velg.

utk servo aku pake hitec hs5995TG tanpa BEC, tapi kalo main agak lama, sering terjadi servo seolah2 spt tdk mendapat signal, shg tdk merespon input yg kita berikan.
blm tau apakah krn servo nya yg kepanasan atau BEC ESC nya yg gak tahan.

STRESS_AIR 08-15-2010 12:45 PM

Oh gitu ya Bully yang masuk Indo pakai part dari plastik/nylon.
Oh ya maksud saya pendulum itu pendulum yang di velg RC4WD Low Boyz. Saya selalu persiapkan 2 sets velg dan ban (1 set velg bawaan Bully saya pasangin ban HB Rober white (soft) dan pakai foam bawaan Bully (tidak di star patern) dan 1 set velg RC4WD Low Boyz saya pasangin ban HB Sedona dgn 2 stages foam juga tidak di star patern) karena kadang kadang lagi asyik asyiknya main eh hujan turun jadi tinggal ganti kombinasi ban 5 menit beres deh :)
Syukurlah kalau kamu sudah happy skrg, selamat bermain deh. Saya sekarang lagi mulai project baru yaitu chassis pakai Beetlejuice V4 dan axles pakai berg. Masih trial and error saat ini mencari komposisi yang paling optimum.

kula 08-15-2010 10:55 PM

tentang rod ends yg diganti dgn ex Revo yg lebih pendek gimana bro ? pengaruh ke geometri gak yach ?

soalnya daku sama sekali gak paham ttg geometri linkage di Crawler.. apa yg akan terjadi kalo upper link di perpanjang / diperpendek ?
apa yg akan terjadi kalo lower link di perpanjang / diperpendek ?... mohon informasi nya

juga sekalian mau nanya.. kalo shock cup / lower spring retainer / penahan per bagian bawah ilang, ada triks nya gak ? masa hrs beli shock baru utk diambil itu nya aja ?.. hehe

STRESS_AIR 08-16-2010 10:14 AM

Kalau uper links agak kepanjangan menurut saya OK khususnya untuk yang rear upper links karena akan meng "clock" gearbox sehingga gearbox belakang tidak akan nyangkut di batu nah kalau kependekan ya berarti lawannya.. Tapi kalau yang front upper links terlalu panjang memang akan meng "clock" gearbox depan juga tapi kalau terlalu panjang membuat steering knuckle akan mengarah kebawah dan resikonya nyangkut di batu dan bisa patah. Kalau saya memang senang pakai rod end (punyanya Revo) dengan grub srew 4mm dan utk rod nya saya buat dari Delrin rod 8mm (instead of aluminium rod) karena lebih kuat dan lebih flexible. Saya buat berdasarkan ukuran aslinya bully, baru kemudian saya selipkan washer antara rod dan end rod untuk mengatur sudut clocking dari gearbox depan ataupun belakang.
Kalau Lower links secara dimensi (panjang) saya ngga rubah dari originalnya (efek kepanjangan atau kependekan ya sama tapi kebalikan dari upper links) Tapi punya saya saya ganti original aluminium lower links dengan lower links buatan sendiri dari delrin plate 6mm sehingga saya punya high clearance lower links (depan maupun belakang).
Mengenai spring cup yang hilang bisa bikin sendiri dari delrin rod apalagi di Indonesia banyak tukang bubut yang murah, asal punya material delrin rod (15mm diameter) atau plastic/nylon rod, beres deh.
Kalau Bully saya, original shocks saya ganti dgn Losi competition shocks dgn white spring lebih besar diameternya dan lebih bagus damping effectnya, dan shock oilnya saya pakai 30 WT mungkin nanti saya coba 40 WT.

kula 08-17-2010 07:49 AM

Om.. mau tanya lagi nich..

barusan daku bikin DIG utk Bully ku..sederhana saja, pake switch yg dioperasikan dgn micro servo.

tp saat DIG diaktifkan, dinamo di roda belakang tidak berputar (arus diputuskan ) tapi kok gak mau ngerem yach..

jd roda belakang tetap berputar (bukan oleh dinamo tapi krn ditarik oleh roda depan)

pdhal kalo liat di Youtube seolah2 roda belakang terkunci shg Rig bisa belok / berputar dgn bersumbu pada roda belakang...

apakah ada yg salah dgn my homemade DIG ? konsep DIG ku hanyalah memutus arus ke dinamo belakang

STRESS_AIR 08-17-2010 11:17 AM

Hi lagi,

Saya pribadi belum pernah pakai mechanical dig yang diaktifkan servo tapi teman saya pakai system ini dan OK tuh, Sejauh pengetahuan saya mengenai dig macam ini, kita tidak hanya cuma memotong arus yang ke roda belakang tapi juga harus di "short" motornya agar tidak free wheel.

kula 08-18-2010 07:27 AM

weleh...hrs cari gambar rangkaiannya nich...
ada link nya gak Om ?.. hehe..maklum, irit mode : on

kula 08-18-2010 11:01 AM

upppsss...sorry Om...dah ketemu gambar nya n sdh di coba.. memang bener bisa ngelock..

thx info nya

rvs 08-20-2010 12:08 AM

Salam kenal, saya juga baru mau ikutan nih di crawler, tdnya main on-road tp dah nggak bs sinkron, mata sama jari kalo dah main cepet ...
Krn crawler ini mainnya pelan dan nggak cepet2 jadi msh bs lah ...

Mo tanya itu yg Bully comp kit dan Bully RTR dari chassisnya ada beda nggak ? apa ada option yg sdh terpasang di comp tp tdk terpasang di RTR ?
Nanya gini, soalnya biasa di onroad .... ada RTR, kit dan factory team .... itu semuanya beda2 .. dan RTR biasanya yg terendah kasta chassisnya .... (walopun tinggal ngegas aja... )

Satu lagi tanya : kalo servo antara FUT S9157 dan Sanwa SDX-901 lbh rekomen yg mana ? atau sama aja dua2nya ?

Thx atas infonya ..

kula 08-20-2010 03:21 AM

kalo baca2 di web nya sich sama persis. Cuma beda ada / tdk ada elektronik nya aja.

all metal kecuali rod ends nya.

kula 08-24-2010 03:41 AM

Quote:

Originally Posted by STRESS_AIR (Post 2589193)
Oh gitu ya Bully yang masuk Indo pakai part dari plastik/nylon.
Oh ya maksud saya pendulum itu pendulum yang di velg RC4WD Low Boyz. Saya selalu persiapkan 2 sets velg dan ban (1 set velg bawaan Bully saya pasangin ban HB Rober white (soft) dan pakai foam bawaan Bully (tidak di star patern) dan 1 set velg RC4WD Low Boyz saya pasangin ban HB Sedona dgn 2 stages foam juga tidak di star patern) karena kadang kadang lagi asyik asyiknya main eh hujan turun jadi tinggal ganti kombinasi ban 5 menit beres deh :)
Syukurlah kalau kamu sudah happy skrg, selamat bermain deh. Saya sekarang lagi mulai project baru yaitu chassis pakai Beetlejuice V4 dan axles pakai berg. Masih trial and error saat ini mencari komposisi yang paling optimum.

apa kelebihan chasis beetlejuice Om Stress ?

STRESS_AIR 08-24-2010 10:39 AM

Beetlejuice chassis termasuk jenis Tube/bodyless chassis, jadi tidak pakai bodyshell lagi. Ini sangat membantu mengurangi hambatan gesekan antara bodyshell dengan permukaan batu (karena memang sudah tidak ada/tidak pakai bodyshell :lmao:) yang kadang kadang terjadi. Beetlejuice chassis terbuat dari material delrin yang terkenal ulet dan flexible.

zemecksis 08-25-2010 03:33 AM

hadirrrrrrrr :)
saya newbie dari tasik
pake cc01 wrangler :oops:

ada yg bisa tolongin gak...
saya mo daftar di scale4x4rc.org tapi susah banget
mentok pas di no spam verification question
ada yg bisa kasih tau jawabannya apa?


All times are GMT -6. The time now is 12:08 PM.

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Content Relevant URLs by vBSEO ©2011, Crawlability, Inc.
Copyright 2004-2014 RCCrawler.com